5 Obat Alami yang Efektif Bantu Penyembuhan Sariawan

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Haloo Sobat KeKeR, kalian pasti sudah gak asing lagi nih dengan kata sariawan dan juga pasti beberapa dari kalian pernah mengalaminya, ya kan?

Mengingat sariawan adalah luka atau jenis peradangan pada mulut yang dapat menimbulkan rasa nyeri bagi penderitanya, jadi pastinya menyiksa banget loh.

Sariawan atau Stomatitis bisa muncul di berbagai area mulut, mulai dari bibir, lidah, gusi, langit-langit mulut hingga pipi bagian dalam.

Oleh karena itu, biasanya penderita akan merasa terganggu khususnya saat sedang makan atau berbicara.

Dilansir dari www.siloamhospitals.com, berikut 5 obat sariawan alami yang efektif bantu penyembuhannya.

1.Madu

Obat sariawan alami yang pertama adalah dengan mengonsumsi madu. Sumber makanan ini dikenal memiliki sifat anti radang dan anti bakteri. Tidak sampai situ, madu juga dianggap mampu mencegah risiko infeksi yang bisa terjadi akibat sariawan.

Agar bisa mendapatkan manfaat tersebut secara maksimal, pilihlah jenis madu murni yang tidak melewati proses pasteurisasi (proses pemanasan untuk mematikan sebagian mikroba). Hal ini dikarenakan madu murni (raw honey) memiliki kandungan antioksidan dan zat-zat lain yang lebih kaya dibanding madu terpasteurisasi.

Untuk mengoptimalkan cara ini, kamu disarankan mengoleskan madu ke luka sariawan dengan frekuensi 4 kali sehari.

2.Larutan Garam

Menggunakan larutan garam untuk berkumur diyakini efektif untuk mengurangi peradangan, meredakan nyeri, sekaligus mempercepat proses penyembuhan jaringan yang terkena sariawan. Untuk berkumur dengan air garam, kamu dapat mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam satu gelas air.

Kemudian masukkan air ke dalam mulut dan gunakan untuk berkumur selama 15-30 detik, lalu segera buang airnya.

  • Bagikan