5 Cara Menjaga Pola Hidup Sehat Bagi Remaja

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Haii Sobat KeKer, mengapa sih remaja itu harus sehat? Remaja merupakan masa yang sangat berharga bila mereka sedang berada dalam kondisi Kesehatan, fisik dan psikis, serta pendidikan yang baik.

Dalam siklus kehidupan, kesehatan dan gizi di masa remaja merupakan salah satu fase penting dalam membentuk status Kesehatan dan gizi di fase-fase berikutnya.

Oleh karena itu, edukasi tentang pola hidup sehat merupakan salah satu strategi dalam meningkatkan Kesehatan pada remaja. Apa saja pola hidup sehat itu?? Mari kita simak dibawah ini.

1. Pola Makan

Asupan gizi yang optimal, baik dalam hal kuantitas maupun kualitas, sangat penting untuk pertumbuhan serta perkembangan yang optimal pada remaja. Pola makan remaja perlu ditingkatkan kearah komsumsi gizi yang seimbang.

Bagaimana gizi seimbang yang dibutuhkan remaja? Gizi seimbang adalah susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Dalam porsi gizi seimbang, kita dapat membagi 1 piring makan menjadi 2 bagian. Yang pertama yaitu 1/3 dari setengah porsi adalah lauk, dan 2/3nya adalah makanan pokok. Sedangkan setengahnya lagi, 1/3 adalah buah-buahan, dan 2/3nya adalah sayur. Serta mengkomsumsi air putih 8x sehari.

2. Pola Aktivitas

Aktivitas fisik adalah setiap gerakan tubuh yang meningkatkan pengeluaran energi. WHO menyarankan anak usia 5-17 tahun untuk melakukan aktivitas fisik selama 60 menit per hari (bisa diakumulasi).

Kegiatan fisik tersebut dapat berupa kegiatan aerobik. Misalnya jalan cepat, berlari, bersepeda, lompat tali, dan berenang yang dilakukan setidaknya 3x 1 minggu

Manfaat dari aktivitas fisik tersebut yaitu dapat mengimbangi energi yang masuk kedalam tubuh yang berasal daru makanan yang dikomsumsi. Sehingga menjadi kunci untuk menjaga keseimbangan energi sehingga mencegah terjadinya kegemukan atau obesitas.

3. Pola Istirahat

Pola istirahat dengan tidur yang nyenyak dapat memicu tubuh melepaskan hormon yang mendukung pertumbuhan normal pada remaja. Hormon tersebut juga membantu memperbaiki sel-sel dan jaringan, serta meningkatkan massa otot pada remaja. Remaja perlu tidur minimal 7-9 jam perhari

4. Pola Hidup Bersih

Pola hidup bersih dimulai dari diri sendiri karena kehidupan manusia pasti akan berinteraksi dengan berbagai elemen mulai dari lingkungan, manusia, hingga makanan.

Pola hidup tidak bersih dapat membuat seseorang rentan terhadap berbagai macam penyakit. Pola hidup bersih yang dapat dilakukan yaitu mencuci tangan, menggosok gigi, mandi, dan potong kuku.

5. Kesehatan Mental

Kesehatan mental menunjukkan kemampuan diri sendiri untuk mengelola perasaan dan menghadapi kesulitan sehari-hari. Kesehatan mental akan berdampak pada pertumbungan dan perkembangan remaja.

Alfina Ali Dollah, Mahasiswa Fbs, Universitas Negeri Makassar. Saat ini dalam program Magang Jurnalistik di FAJAR.

  • Bagikan