7 Tips Agar Tubuh Tetap Fit Saat Bulan Puasa

  • Bagikan
freepik

KEKER. FAJAR. CO. ID- Hai Sobat KeKeR, tidak lama lagi bulan suci ramadhan nih, banyak persiapan yang perlu dipersiapkan terutama kesehatan, semoga sobat tetap sehat dan lancar berpuasa.

Nah sobat ada banyak perubahan pola hidup selama bulan puasa, mulai dari pola tidur, makan, hingga aktivitas sehari-hari. Meski begitu, rutinitas seperti bekerja atau kuliah dan bersekolah tetap harus dijalankan. Agar selalu sehat dan fit, berikut beberapa tips puasa sehat yang bisa sobat lakukan.

Dilansir dari hello sehat, berikut tips agar tubuh tetap fit saat berpuasa:

1. Penuhi Kebutuhan Cairan

Salah satu tantangan yang dihadapi saat berpuasa adalah potensi dehidrasi. Maka itu, kebutuhan hidrasi tubuh perlu tetap dipenuhi dengan baik, dengan cara minum air yang cukup saat sahur dan berbuka. Dianjurkan untuk tetap minum 8 gelas air mineral setiap hari, sama seperti jumlah asupan air minum setiap hari.

2. Jangan lewatkan sahur

Cara agar tetap fit saat puasa adalah jangan pernah melewatkan sahur. Sama seperti sarapan pagi, sahur adalah bagian terpenting untuk menambah asupan energi selama seharian sampai tiba waktu berbuka.

3. Makan Secukupnya

Banyak orang yang berpikir bahwa makan banyak saat sahur bisa membuat tubuh tidak lapar atau lemas. Padahal, makan berlebihan justru dapat membuat kekenyangan, tidak nyaman pada perut, hingga gangguan pencernaan.

4. Mengurangi Makanan dan Minuman Manis

Mengurangi makanan dan minuman manis juga merupakan tips menjaga kesehatan saat puasa. Minuman manis memang penting dikonsumsi saat berbuka untuk menormalkan kembali gula darah setelah berpuasa seharian. Biasanya, minuman manis dan dingin juga dikonsumsi untuk melepas dahaga setelah menahan haus seharian. Namun, sobat harus tetap memperhatikan jumlah asupan gula harian yang dikonsumsi yaitu sebanyak 50 gram per hari. 

5. Hindari makanan berminyak

Menu gorengan untuk berbuka puasa memang menggoda sekali. Namun, ada baiknya sobat menghindari segala bentuk makanan yang digoreng dengan minyak dalam jumlah banyak agar fit saat puasa. Pasalnya, makanan ini akan meningkatkan risiko kenaikan kolesterol dalam tubuh sobat. Selain itu, penumpukkan lemak bisa membuat berat badan naik saat puasa.

6. Olahraga Teratur

Tips puasa tetap sehat yaitu dengan melakukan olahraga secara teratur. Aktivitas fisik memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental, bahkan selama bulan puasa. Lakukan olahraga selama 30 menit dengan jalan kaki, bersepeda, joging ataupun latihan lain yang sesuai dengan kondisi tubuh sobat.

Nah, sobat itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit saat menjalankan ibadah puasa ramadhan dan masih banyak lagi cara agar tubuh tetap fit saat bulan puasa seperti tidur yang cukup, mengonsumsi makanan atau buah yang mengandung air misalnya buah semangka, papaya, pir, dan jangan lupa mengonsumsi buah kurma saat berbuka puasa. Semoga sobat tetap diberi kesehatan, dilancarkan menjalankan ibadah puasa, dan semoga bermanfaat yah!

Den Santi, Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Makassar. Saat ini dalam program Magang Jurnalistik di FAJAR.

  • Bagikan