Ini Loh 5 Tips Buat Kamu yang Sering Merasa Kesepian atau Feeling Lonely

  • Bagikan
Relationship problems, teens problems. Teenage girl waiting for call or message, looking at smartphone, copy space

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo SoKeR, terkadang tanpa sadar kamu pasti sering merasa sendiri, hampa, jenuh, semua perasaan dan pikiran itu kadang muncul secara tiba-tiba,hingga membuat kamu menjadi malas untuk beraktivitas ataupun menjalin hubungan dengan orang lain. Nah jika kamu mengalami hal itu, berarti kamu sedang mengalami yang namanya feeling lonely.

Jika di terjemahkan dalam bahasa inggris feeling lonely artinya perasaan kesepian. Namun, maksud dari feeling lonely adalah sebuah keadaan pikiran yang menyebabkan seseorang merasa kosong. Feeling lonely juga dapat membuat kamu merasa tidak di mengerti, sedih, cemas hingga merasa tak diinginkan lo SoKeR.

Hampir semua manusia pernah merasakan feeling lonely atau kesepian. Ternyata, kesepian yang berlebihan dan berlarut-larut itu berbahaya lo SoKeR, akan memengaruhi kesehatan tubuh bahkan sampai menimbulkan pikiran untuk bunuh diri karena merasa tidak sanggup lagi menghadapi perasaan-perasaan kesepiaan, sedih, atau merasa berbeda dengan orang lain .

Oleh karena itu, sobat Keker harus pandai mencari cara untuk mengatasi kesepian dan hidup dengan lebih optimis. Gimana sih caranya?

Melansir dari laman hellosehat.com, berikut tips-tips  mengatasi kesepian atau feeling lonely  yang harus kamu tahu. Cekidot!

1.Jujurlah pada diri sendiri

Kekosongan yang kamu rasakan justru akan terus menembus relung hati terdalam jika kamu terus menerus lari dan menyangkal. Studi yang ditulis oleh Ami Rokach menyatakan bahwa penerimaan dan refleksi diri menjadi salah satu cara untuk mengubah dampak negatif kesepian menjadi sesuatu yang lebih positif.

Apa yang perlu direfleksikan supaya bisa mengatasi kesepian? Di antaranya adalah penyebab kamu merasa kesepian, misalnya karena orang-orang di sekitar kamu tampak sedang bahagia sekali dan punya kesibukan masing-masing, sementara kamu sedang merasa terpuruk.

Kemudian, cari tahu juga situasi atau waktu seperti apa yang biasanya memicu rasa kesepian. Contohnya ketika kamu pulang dari sekolah, kampus, atau kantor dan tidak ada orang yang menyambut. Dari situ, kamu akan belajar untuk memperbaiki pandangan kamu terhadap hidup dan pelan-pelan mengusir rasa kesepian dalam hati.

2.Sadarilah bahwa kesepian itu bisa dilawan

Saat merasa kesepian, tandanya ada sesuatu yang memicu ingatan kamu akan perasaan menyakitkan, menakutkan, dan kehampaan yang membuat kamu merasa sendirian. Otak dirancang untuk memperhatikan rasa sakit dan bahaya, termasuk perasaan menakutkan dan menyakitkan. Oleh karena itu, saat kamu merasa kesepian, otak mengirimkan sinyal yang membuatnya mendominasi perasaan kamu.

Namun, kamu harus segera tersadar bahwa pada dasarnya kesepian adalah kondisi emosi yang sebenarnya muncul dari dalam diri kamu berdasarkan persepsi kamu sendiri. Kesepian bisa Anda lawan, jangan hanya ditunggu sampai keadaan membaik sendiri.

3.Buat rencana untuk melawan kesepian

  • Bagikan