Ini Dia 7 Tips Ampuh Untuk Mengatasi Jerawat

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo Sobat KeKeR, lingkungan dengan paparan polusi udara, sinar UV, dan kondisi cuaca yang tidak menentu dapat menimbulkan jerawat. Karena itu, perawatan ekstra sangat diperlukan untuk menghindari dan mengatasinya.

Langsung saja simak tips yang ampuh untuk mengatasi jerawat.

1.Bersihkan Wajah

Bersihkan wajah 2 kali sehari menggunakan facial wash yang lembut untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.

2.Hindari Menyentuh Wajah

Jangan menyentuh wajah terlalu sering, terutama dengan tangan yang kotor. Karena hal ini dapat menyebabkan menumpuknya bakteri dan kotoran di kulit.

3.Gunakan Produk yang Sesuai dan Tidak Berminyak

Gunakan produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit kalian. Gunakan pembersih, pelembab, dan produk perawatan jerawat yang mengandung bahan aktif seperti asam salisilat atau benzoyl peroxide. Hindari produk perawatan kulit yang dapat menyumbat pori-pori dan meningkatkan produksi minyak. Terutama bagi kalian yang memiliki kulit berminyak.

4.Perhatikan Pola Makan

Makan makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi. Misalnya buah, sayuran, dan biji-bijian utuh. Hindari juga makanan yang berpotensi memicu peradangan jerawat seperti makanan berlemak, fast food, dan makanan tinggi gula.

5.Hindari Stres

Stres dapat memicu peradangan dan memperburuk kondisi jerawat. Oleh karena itu, penting untuk mencari cara untuk mengelola stres. Misalnya dengan berolahraga atau melakukan aktivitas yang menyenangkan.

6.Perhatikan Kebersihan Rambut

Jaga kebersihan rambut dan hindari menggunakan produk rambut yang dapat menyebabkan minyak atau residu menempel pada wajah.

7.Jangan Memencet Jerawat

Hindari memencet atau memeras jerawat. Karena dapat membuat jerawat meradang, serta menimbulkan bekas luka dan infeksi.

Jika jerawat kalian sudah parah, konsultasikan dengan dokter atau dermatologis untuk mendapatkan saran dan perawatan lebih lanjut. Terkadang, perawatan medis juga diperlukan untuk mengatasinya. Misalnya penggunaan obat topikal atau oral, serta prosedur seperti terapi laser dan chemical peeling.

Nah Sobat KeKeR, itu dia tips untuk mengatasi jerawat. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian.

Nova Zafira, Mahasiswa Psikologi, Universitas Negeri Makassar. Saat ini dalam program Magang Jurnalistik di FAJAR.

  • Bagikan