7 Kebiasaan Sehat yang Bisa Dilakukan di Rumah

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo sobat KeKeR, ingin memiliki tubuh yang sehat tapi gak mau ribet? Yuk pantau apa saja cara sederhana yang wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan. Menjaga kesehatan adalah hal yang penting, terlebih di tengah kesibukan. Tak perlu selalu pergi ke gym atau melakukan aktivitas fisik yang berat, ada banyak kebiasaan sehat yang bisa dilakukan di rumah dengan mudah. Berikut 7 kebiasaan sehat yang bisa Anda terapkan di rumah:

1. Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih minimal 8 gelas per hari sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Air putih membantu melancarkan metabolisme tubuh, membuang racun, dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tips terbaik yaitu gunakan botol minum yang cantik dan mudah dibawa kemana-mana. Buatlah tantangan minum air putih bersama teman atau keluarga. Gunakan pengingat minum untuk memastikan kamu minum air putih secara teratur.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Perhatikan asupan makanan dengan memilih makanan yang sehat dan seimbang. Perbanyak konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, dan protein. Hindari makanan yang tinggi gula, lemak, dan garam. Buatlah menu makanan mingguan untuk memastikan variasi dan keseimbangan. Belanjalah bahan makanan segar di pasar. Masak makanan sendiri di rumah untuk mengontrol kualitas bahan dan cara pengolahannya.

3. Olahraga Rutin

Olahraga tak perlu selalu ke gym. Bisa melakukan olahraga ringan di rumah seperti jogging, yoga, atau aerobik. Lakukan olahraga selama minimal 30 menit per hari untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Ajaklah teman untuk berolahraga bersama, Ikuti video tutorial olahraga online di YouTube, gunakan aplikasi olahraga untuk melacak kemajuannya dan pilihlah olahraga yang disukai agar lebih termotivasi untuk melakukannya secara rutin.

4. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup sangatlah penting untuk kesehatan fisik dan mental. Orang dewasa membutuhkan tidur 7-8 jam per hari. Pastikan memiliki waktu tidur yang cukup agar tubuh dan pikiran dapat beristirahat dengan optimal, ciptakan suasana kamar yang nyaman untuk tidur. Hindari penggunaan gadget sebelum tidur. Buatlah jadwal tidur yang konsisten dan patuhilah.

5. Kelola Stres

Stres dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. Lakukan aktivitas yang dapat membantu untuk mengelola stres seperti meditasi, yoga, atau mendengarkan music. Luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang disukai. Lakukan relaksasi seperti pernapasan dalam atau meditasi.

6. Menjaga Kebersihan Rumah

Rumah yang bersih dan rapi dapat membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup. Bersihkan rumah secara rutin dan buanglah sampah pada tempatnya. Gunakan produk pembersih yang ramah lingkungan. Lakukan decluttering secara berkala untuk menyingkirkan barang-barang yang tidak terpakai. Ciptakan suasana rumah yang nyaman dan menyenangkan.

7. Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi

Berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 10-15 menit dapat membantu tubuh memproduksi vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Berjemurlah di pagi hari sebelum jam 9 pagi.Hindari berjemur terlalu lama karena dapat membahayakan Kesehatan  kulit

Julia Nada Murni, Mahasiswa Sastra Inggri, Universitas Fajar Makassar. Saat ini dalam program Magang Jurnalistik di FAJAR.

  • Bagikan