Ini 5 Tips Menjaga Pola Makan Sehat Agar Tubuh Tetap Bugar

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hai Sobat KeKeR. Makanan sehari-hari sangat memengaruhi kesehatan sobat secara keseluruhan. Pola makan yang sehat akan memberikan tubuh energi untuk beraktivitas serta zat gizi untuk menjalankan berbagai fungsinya.

Sobat sebenarnya sudah memiliki pola makan yang menyehatkan dengan menerapkan Pedoman Gizi Seimbang. Akan tetapi, tak bisa dipungkiri bahwa kebiasaan atau kondisi tertentu dapat memengaruhi perjalanan sobat dalam menerapkan prinsip ini.

Dilansir hallosehat berikut berbagai tips untuk membantu mempertahankan pola makan yang baik untuk sobat yang mungkin memiliki sedikit waktu untuk makan makanan sehat.

1.Tidak melewatkan sarapan

Berikut beberapa jenis makanan untuk sarapan yang dapat melengkapi pola makan sehat sobat.
a.Makanan dengan karbohidrat kompleks seperti oatmeal, nasi merah, dan sereal.

b.Makanan yang tinggi serat seperti buah, sayuran, sereal gandum, dan chia seed.

c.Sumber protein seperti kacang-kacangan, biji-bijian, susu, telur, dan yogurt.

d.Sumber lemak yang menyehatkan, misalnya biji-bijian, alpukat, dan kelapa.

2.Jangan terlalu banyak minum kopi

Kopi memang membuat sobat lebih segar pada pagi hari, tapi jangan pula meminumnya secara berlebihan. Salah satu dampak langsung minum kopi yaitu dehidrasi, sebab kopi dapat mempercepat keluarnya air dari tubuh melalui urine.
Bila sobat membutuhkan kopi sebelum beraktivitas, cukup konsumsi 1 – 2 cangkir setiap hari. Pilihlah kopi hitam dengan sedikit gula atau tanpa gula sama sekali. Hindari penggunaan creamer atau topping tambahan yang akan menambah jumlah kalori.

3.Banyak minum air putih

Pola makan yang sehat belum lengkap tanpa air putih. Kebutuhan air setiap orang mungkin berbeda-beda sesuai berat badannya. Namun, sebagai panduan, minumlah paling sedikit delapan gelas air setiap hari untuk memenuhi kebutuhan tubuh sobat. Asupan air yang cukup akan menjaga kelancaran fungsi tubuh serta melindungi sobat dari dehidrasi.

4.Perbanyak makanan alami, batasi makanan kemasan

Hal terbaik yang bisa sobat berikan kepada tubuh sobat ialah makanan segar dan alami. Makanlah lauk-pauk, buah-buahan, sayuran, dan sebagainya yang langsung berasal dari pasar atau supermarket tanpa melewati proses pengawetan.

Agar pola makan sobat tetap sehat, batasi konsumsi makanan kemasan atau yang telah diawetkan. Pasalnya, makanan ini biasanya tinggi gula dan natrium serta mengandung bahan tambahan pangan seperti pengawet dan pewarna buatan.

5.Bijak saat makan di restoran

Ketika makan di restoran, perhatikan teknik pengolahan makanan yang hendak sobat pilih. Apabila memungkinkan, pilihlah hidangan dengan cara memasak yang lebih menyehatkan, misalnya direbus, ditumis, atau dipanggang.
Batasi konsumsi makanan yang digoreng dengan metode deep fry, dimasak dengan panas tinggi, atau diberikan minyak dan lemak tambahan. Makanlah dengan porsi yang cukup bagi perut agar sobat tidak kekenyangan atau kelebihan asupan kalori.

Nah sobat KeKeR, itulah 5 tips pola makan sehat dan masih banyak lagi tips untuk menjaga pola makan agar tetap sehat. Semoga bermanfaat yah.

Den Santi, Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Makassar. Saat ini dalam program Magang Jurnalistik di FAJAR.

  • Bagikan