Begini Cara Manajemen Waktu yang Tepat Buat Anak Sekolah

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Loohhhaaaaa SoKeR, siapa nih yang jadwalnya sering berantakan? Atau banyak kegiatan yang terlewatkan karena sudah tidak sempat untuk dikerjakan? Nah, berarti manajemen waktu kamu nih yang tidak baik. Apa sih itu manajemen waktu?

Manajemen waktu adalah cara kita membagi dan mengelola waktu yang kita miliki untuk berbagai aktivitas, agar memaksimalkan produktivitas. Kemampuan manajemen waktu yang baik memungkinkan kita untuk dapat menyelesaikan banyak aktivitas setiap harinya.

Menurut Cita Panrita dari SMAN 9 Makassar, remaja saat ini sering menyepelehkan kegiatan mereka sehingga tidak dijadwalkan dengan baik. Ini menyebabkan bertumpuknya tugas dan merasa tidak pernah memiliki waktu yang cukup. “Manajemen waktu itu sangat penting. Bagaimana cara kita untuk manajemen waktu, akan menunjukkan bagaimana hari kita akan berjalan,” katanya.

Kata Cita jika tidak ingin merasa kesulitan dengan banyaknya kegiatan yang harus dilakukan, di sinilah peran penting manajemen waktu berlangsung, agar semuanya dapat terlaksana dengan baik dan tidak perlu terburu-buru. “Bentuklah skala prioritas dalam setiap kegiatan kita. Mana yang penting-mendesak, mana yang mendesak, mana yang penting, dan mana yang tidak penting-tidak mendesak. Ini akan sangat membantu dalam manajemen waktu kita,” saran doski.

Kalau menurut Christine Hamdani dari SMA Zion Makassar, gadget adalah penyebab utama mengapa waktu kita tidak terjadwal dengan baik. Misalnya saat belajar ada soal yang tidak diketahui otomatis kita akan mencari solusi di goggle. “Nah saat kita memegang gadget, lama-kelamaan akan merambat ke aplikasi lain. Dan gadget ini akan menggangu konsentrasi kita serta manajemen waktu,” tuturnya.

  • Bagikan