Begini Metode Variatif Bikin Belajar Efektif Untuk Anak Sekolah

  • Bagikan

Berbeda dengan Ni Nyoman Syakira dari SMAN 9 Makassar. Doski bilang metode belajar yang melakukan penjelasan secara visual adalah metode yang disukainya. Sebab siswa diajak untuk membayangkan materi yang dibahas sehingga lebih mudah untuk diingat.

“Ketika menggunakan metode ini materi akan lebih mudah dipahami sehingga ketika ada tugas mudah untuk dikerjakan,” cuap cewek yang hobi bermain basket ini.

Guru Bahasa Indonesia SMAN 7 Makassar, Asrianingsi, memaparkan, etode pembelajaran yang ia gunakan sangat variatif. Tentunya metode belajar harus sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. Karena saat diawal pembelajaran ia melakukan asesmen untuk mengetahui kebetuhan belajar siswa baik dari segi minat, kesiapan, dan gaya belajar siswa.

Setelah ia mengamati, ternyata siswa lebih senang belajar dengan menggunakan teknologi digital dan pembelajaran berbasis IT seperti aplikasi Quiz, Google Form, dan Aku Pintar. “Terkadang saya menggunakan metode diskusi atau tanya jawab dan tentunya saya menggunakan media pembelajaran yang variatif,” jelasnya. (*)

  • Bagikan