Nosya SMK Telkom Makassar Berhasil Ciptakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Ramah Lingkungan

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Haloo gaiss, yuk kenalan dengan Muhammad Nosya Rizky yang akrab disapa Nosya. Doi berhasil menciptakan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) loh.

PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) sederhana berkapasitas 120 Watt Peak (Wp) dan dengan baterai Lifepo4 12V 37.5 Ah ini sanggup menahan beban listrik hingga 800 watt. Dirancang untuk menyediakan listrik yang dapat digunakan untuk memasak nasi, menonton TV, menyalakan router wifi, atau menggunakan komputer.

Dengan menggunakan energi matahari sebagai sumber daya utamanya, PLTS ini dapat menghasilkan listrik yang ramah lingkungan dan memungkinkan penggunaan perangkat elektronik dalam situasi di mana listrik PLN tidak tersedia.

Produk ini memiliki keunggulan ramah lingkungan, karena menggunakan sumber energi matahari yang terbarukan. Sehingga mengurangi emisi gas rumah kaca dan dampak negatif terhadap lingkungan.

Keunggulan lain adalah dengan PLTS ini dapat menghasilkan listrik sendiri tanpa bergantung pada pasokan listrik PLN. Juga setelah instalasi awal biaya operasional PLTS ini hampir nol karena energi matahari gratis, dan perawatan yang minimal.

“Saya tertarik pada teknologi energi terbarukan dan melihat peluang untuk mengembangkan produk sederhana yang dapat diakses oleh banyak orang. Saya juga membuat produk ini agar saya dapat mengetahui bagaimana pengalaman yang dirasakan oleh pengguna PLTS mandiri,” jelasnya.

  • Bagikan