10 Tips Supaya Ruang Penyimpanan Handphone Tidak Penuh

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo Sobat KeKeR, penyimpanan handphone kalian sering penuh dan mengganggu kinerjanya? Berikut adalah tips agar penyimpanan handphone kalian tetap luang, sehingga kinerja perangkat tetap optimal.

1. Hapus Aplikasi dan Data Tidak Penting

Hapus aplikasi yang jarang digunakan dan hapus data yang tidak diperlukan. Hal ini dilakukan untuk memberikan ruang tambahan pada penyimpanan.

2. Gunakan Penyimpanan Cloud

Pindahkan foto, video, dan data lainnya ke aplikasi penyimpanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, atau iCloud. Ini membantu mengurangi beban penyimpanan lokal.

3. Hapus Berkas Unduhan

Periksa folder unduhan dan hapus file yang tidak diperlukan secara berkala. Karena berkas unduhan tersebut dapat menyumbat penyimpanan.

4. Gunakan Kartu SD

Gunakan kartu SD dengan kapasitas yang cukup besar untuk menyimpan file media jika handphone kalian mendukung.

5. Optimalkan Pengaturan Kamera

Jika handphone kalian memiliki kamera berkualitas tinggi, atur kualitas gambar dan video menjadi lebih rendah. Sehingga dapat menghemat ruang penyimpanan.

6. Hapus Berkas Cache

Secara berkala hapus cache aplikasi. Karena cache dapat mengambil ruang yang cukup besar pada penyimpanan jika tidak dibersihkan secara berkala.

7. Matikan Mode Burst atau Live Photos

Mode burst atau live photos dapat memakan banyak ruang. Matikan fitur ini jika kalian tidak terlalu menggunakannya.

8. Hindari Menyimpan Video HD Panjang

Simpan video dengan resolusi tinggi di penyimpanan eksternal atau cloud. Khususnya ketika video tersebut memakan banyak ruang.

9. Gunakan Aplikasi Pembersih

Gunakan aplikasi pembersih handphone. Untuk membersihkan file sementara, cache, dan item tidak terpakai lainnya.

10. Pantau Penyimpanan Secara Berkala

Periksa penggunaan penyimpanan dan identifikasi aplikasi atau file yang menggunakan ruang besar secara berkala. Sehingga dapat membantu kalian dalam mengelola ruang penyimpanan secara efisien.

Nah Sobat KeKeR, itu dia tips supaya ruang penyimpanan kalian tidak penuh. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian.

Nova Zafira, Mahasiswa Psikologi, Universitas Negeri Makassar. Saat ini dalam program Magang Jurnalistik di FAJAR.

  • Bagikan