Apa Benar Makanan Pedas Bikin Jerawat Muncul? Begini Penjelasannya

  • Bagikan
freepik

Studi tersebut menunjukkan bahwa pasien dengan jerawat diketahui mengonsumsi jumlah harian natrium klorida (NaCl) yang lebih tinggi secara signifikan. Korelasi negatif antara jumlah NaCl dalam makanan pasien berjerawat dengan timbulnya lesi jerawat juga terdeteksi.

Meski begitu studi tersebut menyimpulkan bahwa baik makanan asin maupun pedas pada dasarnya tidak berkorelasi terhadap durasi maupun tingkat keparahan gangguan kulit yang satu ini.

Mengapa makanan pedas sering dikaitkan dengan jerawat?Pada dasarnya hal ini tidak berlaku pada setiap orang. Dalam kondisi tertentu, ada orang yang rentan berjerawat setelah makan makanan pedas, tapi tidak demikian pada orang lainnya. Ini sangat tergantung pada kondisi tubuh dan bawaan alergi yang dimiliki masing-masing orang.

Selain itu faktor keringat juga cukup memengaruhi munculnya jerawat setelah makan makanan pedas. Makanan pedas menyebabkan reaksi inflamasi dalam tubuh yang menyebabkan kenaikan suhu, diikuti oleh keringat di sekujur tubuh khususnya wajah.

Keringat meningkatkan kemungkinan munculnya jerawat, dan semakin kamu tidak nyaman dengan rasa pedas pada makanan yang kamu makan, maka semakin besar pula kemungkinan kamu akan berkeringat.

Pada gilirannya, keringat tersebut akan memicu minyak untuk dilepaskan di kulit. Minyak itulah yang memerangkap kotoran dan bakteri yang menyebabkan jerawat.

Bagaimana mencegah jerawat setelah makan makanan pedas?Satu hal yang bisa kamu lakukan adalah mencuci muka setelah mengalami reaksi keringat. Itu akan membantu menghilangkan minyak berlebih penyebab jerawat.

Jika pada dasarnya kondisi kulitmu memang sering berjerawat, pilihan lain yang bisa kamu lakukan adalah membangun toleransi agar kamu tidak terlalu berkeringat saat makan makanan pedas. (*)

  • Bagikan