4 Masalah Remaja yang Perlu Diperhatikan Orang Tua dan Cara Mengatasinya

  • Bagikan

3.Masalah percintaan dan aktivitas seksual

Contoh masalah hidup remaja lainnya adalah masalah percintaan. Memasuki masa remaja, anak-anak biasanya mulai suka terhadap lawan jenis dan mencoba menjalin hubungan romantis. Pertengkaran dengan kekasih atau mendapat larangan dari orangtua bisa membuat anak remaja merasa sedih dan galau. Karena rasa ingin tahunya yang besar, remaja juga mungkin mencoba melakukan aktivitas seksual.

Sebagai orangtua, Anda perlu menjelaskan seputar pendidikan seks dan memberikan batasan-batasan dalam hal ini. Anda juga perlu memberikan pemahaman bahwa hubungan seks bebas di masa remaja bisa meningkatkan risiko penyakit menular seksual atau kehamilan usia dini yang menyebabkan putus sekolah.

4.Minuman keras dan obat terlarang

Konsumsi minuman keras maupun penggunaan obat-obatan terlarang adalah masalah yang dihadapi remaja saat ini. Anda mungkin pernah membaca berita mengenai pesta miras atau narkoba yang dilakukan oleh remaja. Tindakan ini bisa dipicu oleh kurangnya pengendalian diri anak, dan pergaulannya yang salah. Masalah remaja tersebut dapat mengurangi kontrol diri dan meningkatkan perilaku berisiko, seperti melakukan seks yang tidak aman.

Selain itu, alkohol dan penggunaan narkoba dapat menyebabkan masalah kesehatan di kemudian hari, dan mempengaruhi harapan hidup. Hal tersebut juga dikaitkan dengan perubahan neurokognitif yang dapat memicu masalah perilaku, emosional, sosial, dan akademik. (*)

  • Bagikan