4 Manfaat Sahur dengan dengan Kurma, Puasa Sehat

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID– Hai SoKeR, bagi kamu yang tengah menjalankan ibadah puasa, wajib banget nih simak penjelasan soal pentingnya buah kurma bagi kalian yang berpuasa. Bukan hanya untukberbuak, tetapi juga sangat bagus dikonsumsi saat sahur.

Kurma adalah buah yang berasal dari tanaman palem yang banyak tumbuh di daerah Timur Tengah. Kurma memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, baik dari segi gizi maupun dari segi penyembuhan penyakit.  Berikut ini adalah beberapa manfaat sahur dengan kurma ditinjau dari kajian sains dan medis:

1. Mengandung Banyak Vitamin

Buah kurma adalah buah yang memiliki banyak kandungan vitamin. Kurma mengandung kalori, karbohidrat, serat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi. Kalori dan karbohidrat dapat memberikan energi bagi tubuh selama berpuasa. Sementara serat dapat membantu pencernaan dan menghindari sembelit.

Protein dan lemak dapat menjaga rasa kenyang lebih lama. Vitamin, mineral, dan antioksidan, dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Stabilkan Kadar Gula

Salah satu kelebihan kurma adalah bisa menstabilkan kadar gula darah dan tekanan darah dalam tubuh. Hal ini karena kurma mengandung fruktosa dan glukosa yang mudah diserap oleh tubuh tanpa menyebabkan lonjakan gula darah secara mendadak. Selain itu, kurma juga mengandung potasium yang dapat membantu mengatur tekanan darah dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

3. Bikin Cerdas

Dilansir dari beberapa sumber, kurma disebutkan dapat meningkatkan fungsi otak dan kecerdasan anak-anak dalam kandungan ibu hamil, dengan asam folatnya yang lumayan tinggi. Selain itu, kurma juga mengandung zat besi yang dapat mencegah anemia pada ibu hamil dan bayi baru lahir.

4. Mencegah atau Mengobati Beberapa Jenis Penyakit

Dari uraian di atas bisa disimpulkan bahwa sahur dengan kurma memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik maupun mental seseorang selama berpuasa di bulan Ramadan maupun di luar bulan Ramadan.

  • Bagikan