SMPN 5 Makassar Kenalkan Kearifan Lokal Lewat Karya, Kerajinan dari Stik Kayu

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Haayhaaay SoKeR, Siswi SMPN 5 Makassar, Nabila Oktarina. A bersama teman-teman sekelasnya berhasil membuat kerajinan yang menjunjung tinggi kearifan lokal.

Kearifan lokal merupakan bagian dari budaya suatu masyarakat yang tidak dapat dipisahkan dari bahasa masyarakat itu sendiri. Kearifan lokal biasanya diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi melalui cerita dari mulut ke mulut. Kearifan lokal juga diartikan sebagai pandangan hidup dan ilmu pengetahuan serta berbagai strategi kehidupan yang berwujud aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat lokal.

Nabila dan teman-temannya menjadikan stik kayu dan beberapa bahan lain sebagai sub temanya. Kerajinan ini adalah suatu produk yang dibuat dari stik kayu yang didukung oleh beberapa material lainnya yang melalui beberapa proses. Nabila dan teman-temannya menggambarkan kearifan lokal melalui barang kerajinan.

“Kami membuat kerajinan ini untuk mengikuti pameran panen karya di sekolah kami sebagai proyek penguat profil pelajar pancasila. Karya ini kami siapkan sejak tiga bulan sebelum pameran karya diadakan,” cuap Nabila.

Indira Iswandari yang turut membuat barang kerajinan dari stik kayu bilang tujuan mereka memilih kerajinan ini adalah untuk memperkenalkan kearifan lokal kepada teman-teman, guru dan juga beberapa masyarakat yang datang.

“Karena pentingnya memahami dan tahu mengenai kearifan lokal, minimal di kota atau daerah sendiri. Karena ada banyak hal unik dan membanggakan jika kita mengulik apalagi memahami sejarahnya,” beber Indira.

Guru pendamping, Yuliana A., S. Pd.Gr yang menjadi support system terbesar dari awal hingga finishing produk merasa bangga dan bahagia karena siswa bisa menyelesaikan hasil karyanya tepat waktu dan memamerkannya di panen karya.

  • Bagikan