7 Cara Ini Bisa Membantu Kamu Mencari Tahu Bakat dalam Dirimu

  • Bagikan

4.Gali kembali ingatan masa kecil, apa yang suka kalian lakukan?

Selain teman, orang tua atau keluarga adalah juri andal lainnya bagi kalian. Bagaimanapun, mereka adalah orang yang paling lama mengenal kalian. Tanyakan kepada orang tua atau keluarga apa yang biasa kalian lakukan saat kecil – siapa tahu suka menyanyi, suka menggambar atau memerankan tokoh tertentu. Kemungkinan besar ini adalah hal-hal yang masih kalian sukai sampai hari ini, tetapi beberapa terlupakan seiring berjalannya waktu. Gali kembali ingatan masa kecil kalian, dan lihat seberapa besar bagian dari masa kecil tersebut yang bisa kalian hidupkan di masa dewasa.

5.Punya hobi? Amati itu dengan baik

Hobi kalian mungkin sekedar makan atau nyanyi. Tapi jangan anggap ini sebagai hal sepele. Mengamati hobi bisa membantu kalian menemukan bakat sebenarnya. Katakan saja kalian hobi makan, siapa yang tahu jika kalian sebenarnya memiliki kemampuan membedakan berbagai macam rasa.

6.Buat catatan harian

Membuat catatan kecil tidak hanya bisa dilakukan untuk menghapal pelajaran atau semacamnya. Kalian juga bisa menemukan bakat terpendam dengan cara ini. Biarkan pikiran mengalir ke dalam beberapa halaman setiap paginya. Hal-hal yang kalian tulis secara sadar bisa sangat efektif dalam mengidentifikasi bakat terpendam. Kembalilah setelah seminggu dan baca kembali catatan tersebut. Kalian akan melihat bahwa pikiran kalian dibawa kembali ke satu ide utama. Ini biasanya bakat atau keinginan.

7.Perhatikan bakat pada orang lain

Adakalanya terinspirasi oleh bakat orang lain membuat kita menyadari apa yang kita kuasai. Jika kalian seorang penulis dan membaca sesuatu yang benar-benar terhubung dengan jiwa kalian, cobalah untuk menentukan apa yang sebenarnya membuat kalian bersemangat.

Sebaliknya, jika kalian melihat bakat pada orang lain dan merasa cemburu (jangan khawatir, kita semua begitu!), kalian dapat menggunakan ini untuk keuntungan kalian juga. Minta orang ini untuk membimbing, memberi kalian nasihat atau sekadar mengobrol. Menjangkau dan melihat bakat pada orang lain akan membuka peluang dan koneksi sambil membantu kita menentukan sendiri apa bakat kita. (*)

  • Bagikan