7 Tips Presentasi yang Baik dan Efektif Agar Tidak Membosankan

  • Bagikan

Dalam presentasi, jangan lupa untuk selalu melakukan kontak mata dengan audiens. Kalau pun tidak memungkinkan untuk melihat audiens satu per satu, kamu bisa melihat ke sudut arah para audiens. Lakukan secara bergantian agar audiens merasa diperhatikan oleh kamu selaku pembicara. Hindari untuk terlalu berfokus pada slide presentasi kamu. Gunakan slide hanya untuk membantu menjelaskan poin-poin materi yang kamu bawakan.

5. Kuasai Materi

Saat melakukan presentasi pastikan untuk menguasai materi yang akan kamu bawakan. Baca materi presentasi kamu dengan baik agar tidak kagok saat presentasi. Hal ini juga dapat membantu kamu saat audiens mengajukan pertanyaan mengenai materi yang kamu bawakan.

6. Sense of Humor

Salah satu tips untuk melakukan presentasi yang baik adalah menyelipkan humor ke dalamnya. Menambahkan humor ke dalam presentasi dapat membantu kamu untuk mencairkan suasana agar tidak kaku. Humor yang digunakan sebaiknya tidak terlalu panjang agar tidak memecahkan fokus audiens kepada materi presentasi.

7. Tidak Bertele-tele

Sampaikan materi presentasi kamu dengan jelas dan to the point. Hindari menyampaikan materi dengan bertele-tele. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa bosan audiens, serta membuat audiens puas dan memahami materi presentasi kamu dengan baik. (*)

  • Bagikan