Tips Jitu Agar Berprestasi Akademik Walaupun Aktif Berorganisasi di Dunia Kampus

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hallo sobat keker! Untuk kamu yang akan menempuh pendidikan di perguruan tinggi tentu akan diperhadapkan dengan 2 hal, yaitu fokus akademik ataukah akan turut andil dalam berorganisasi.

Mahasiswa dan organisasi memang adalah dua hal yang tak terpisahkan. Organisasi merupakan salah satu komponen yang paling penting yang biasa dijalankan mahasiswa di lingkungan kampus. Melalui organisasi ini pula mahasiswa akan banyak belajar bagaimana mengasah soft skill dengan baik.

Namun, tak banyak pula mahasiswa yang melupakan kegiatan akademik mereka karena terlalu banyak menghabiskan waktu di organisasi. Makanya bikin nilai mereka malah jeblok karena tak bisa mengatur waktu dengan baik.

Nah, biar kehidupan organisasi dan kuliah seimbang, Nur Indra Pratiwi, Lulusan Mahasiswa Berprestasi I Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar tahun 2023 dan peraih medali perak kategori poster di PIMNAS-33 (UGM) 2022, Di samping itu ia juga aktif dalam berorganisasi.

Gadis berkerudung yang kerap disapa wiwi itu mengutarakan pandangan nya tentang kuliah sambil berorganisasi. Ia menjadikan akademik sebagai prioritas atau tujuan utamanya dan organisasi adalah tempat untuk melatih dan mengembangkan softskill yang ia miliki.

” Tentu kita harus memahami tujuan awal masuk kuliah itu apa, yah jelas kita harus prioritaskan akademik di samping itu jika kita mempunyai skill mengapa tidak untuk kita kembangkan di suatu lembaga/organisasi dan tentu juga beberapa yang ada di organisasi tidak kita dapat di bangku perkuliahan.”

Disisi lain ia selalu semangat dan yakin atas segala apa yang ia lakukan tapi tidak lupa selalu melibatkan Tuhan di segala aktivitas nya. “Tetap semangat dan yakin dengan hasil yang akan dicapai dan selalu libatkan Allah di setiap urusan,” pungkasnya.

Hal serupa dialami oleh Andi Muhammad Akbar Lulusan dengan 2 kampus yang berbeda, tentu bukan hal mudah dilakukan oleh sebagian orang. Tetapi Akbar mampu menyelesaikan studi nya di dua kampus tersebut dengan rentang waktu studi yang hampir bersamaan yaitu di Universitas Muhammadiyah Makassar (UNISMUH) dan Universitas Negeri Makassar (UNM) berkat dengan tekad dan kerja keras nya. Ia juga menjadi lulusan terbaik II Tingkat Fakultas Ilmu Pendidikan UNM dan Lulusan Terbaik I Tingkat Jurusan Pendidikan Luar Sekolah tahun 2023.

Siapa sangka di selah kesibukannya menimbah ilmu di bangku perkuliahan ia juga mengikuti segudang aktivitas organisasi ekstra kampus seperti HMI, IMIT Sinjai, dan IMM. Ia menuturkan 3 tips agar dapat menjalani aktivitas akademik dan organisasi yaitu dengan manajemen waktu, manajemen kesehatan dan manajemen ibadah.

“Menurut ku beberapa cara yang saya lakukan untuk menyeimbangkan kuliah dan organisasi yaitu, yang pertama manajemen waktu adalah kunci utamanya, seperti membuat target dari bangun tidur tidur kembali, manajemen kesehatan, yang kedua manajemen kesehatan yaitu perlu dijaga mental dan fisik, yang ketiga yaitu manajemen ibadah, ini penting juga karena banyak mahasiswa yang katanya gaul dan malu beribadah,” jelasnya.

Terakhir ia mengatakan mahasiswa yang baik dan ideal itu adalah yang berani mengambil keputusan dan mencoba hal baru untuk dirinya “Menurut ku mahasiswa sejati itu dia yang berani membuat terobosan besar atas masa depannya,”tambahnya.

Reporter Parawansa

  • Bagikan