Ini 5 Tips Supaya Berhenti Bersikap Egois yang Harus Kamu Terapkan

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Yuhuuu SoKeR, sikap egois memang kadang diperlukan untuk membantu seseorang berkembang di dunia yang sangat kompetitif. Tapi egois yang berlebihan bisa berakibat buruk untuk kamu dan merusak orang lain serta lingkungan.

Melansir dari laman fimela.com, berikut 5 tips yang bisa membantumu berhenti menjadi orang yang egois. Yuk disimak!

1.Belajar Mendengarkan

Orang yang egois selalu mau didengarkan tetapi jarang mendengarkan orang lain. Mereka ingin percakapan hanya berputar di sekitar mereka atau minat mereka. Ketika orang lain mulai berbicara, mereka segera menunjukkan kurangnya minat atau mengalihkan pembicaraan kembali ke apa yang menghibur mereka.

Dalam sebagian besar interaksi, coba ingat kalau kamu seharusnya memberi sebanyak yang kamu terima, jadi belajarlah untuk mendengarkan apa yang orang lain katakan. Hormati mereka yang sama seperti yang mereka lakukan saat kamu berbicara.

2.Jangan Biarkan Tujuan Menghalalkan Segala Cara

Keegoisan tidak hanya terbatas pada nafsu rakus seseorang untuk hal-hal nyata, itu juga berhubungan dengan keserakahan seseorang untuk menjadi unggul. Sekarang, tidak ada yang salah dengan keinginan untuk unggul dan mencapai tujuan selama kamu tidak memanfaatkan orang lain untuk mencapai tujuan.

3.Membantu Seseorang

Cara yang bagus untuk tidak egois lagi adalah dengan melakukan tindakan tanpa pamrih, seperti membantu teman atau orang asing. Jika temanmu memiliki masalah dengan pekerjaan atau studinya, cobalah untuk membantu tanpa menuntut atau mengharapkan imbalan apa pun.

  • Bagikan