Begini Loh Kata Guru SMKN 8 Makassar Tentang Menciptakan Suasana Ramah Literasi di Kelas

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Bahasa Inggris menjadi bahasa yang penting untuk dikuasai. Kemampuan siswa-siswi berliterasi dalam bahasa Inggris jadi perhatian utama di sekolah-sekolah tak lain dan tak bukan untuk membekali siswa-siswi dengan skill sebagai “senjata” bagi mreka untuk “wellbeing” di masa depannya.

Guru Bahasa Inggris SMKN 8 Makassar, Kasmawati J, S. Pd mengatakan pembelajaran bahasa Inggris di kelasnya ia desain sedemikian rupa untuk memenuhi beragam karakteristik siswa. Pembelajaran berdiferensiasi tentu akan menjawab keberagaman tersebut. Lalu metode penerapan pembelajaran pun menjadi poin penting.

“Saya berusaha merancang pembelajaran yang menyenangkan bagi mereka sesuai dengan tema yang akan saya ajarkan dan menerapkan bermacam games seru untuk mentrigger siswa-siswi di kelas,” kata wanita yang akrab disapa Mam Zulwa ini.

Kasmawati juga menerapkan RICA (Reading Cafe) di kelasnya. Metode ini ia adaptasi dari kenyamanan suasana cafe. Kursi dan meja didesain mnyerupai cafe. Beragam jenis bacaan disediakan pada meja mereka jadi dengan bebas bisa memilih bacaan yang disenangi. Selain itu beberapa snacks dan soft drinks disediakan di meja, jadi mereka bisa menikmati bahan bacaan sambil mnikmati snack. Mereka juga bisa berpindah meja untuk memilih bacaan.

  • Bagikan