8 Tips Perawatan Wajah Glowing yang Mudah Dilakukan, Rutin Gunakan Tabir Surya

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID- Hai Sobat KeKeR, ada banyak cara untuk membuat kulit wajah tampak glowing. Untuk memiliki kulit wajah yang glowing dan sehat, dibutuhkan perawatan yang tepat dan konsisten. Lalu, apa saja perawatan wajah glowing yang perlu dilakukan?

Terdapat sejumlah tips kulit wajah glowing yang dapat dilakukan dengan mudah, diantaranya adalah menggunakan tabir surya secara rutin, mengaplikasikan pelembap wajah pada pagi dan malam hari, melakukan facial massage, mencukupi asupan cairan tubuh, hingga mengelola stres sebaik mungkin. Dilansir dari siloamhospitals, berikut tips perawatan wajah glowing yang mudah dilakukan:

1. Menggunakan Tabir Surya secara Rutin

Tips kulit wajah glowing yang pertama adalah dengan menggunakan tabir surya atau sunscreen secara rutin. Tabir surya ini berfungsi untuk melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet matahari yang dapat menyebabkan kulit kering, kusam, dan munculnya tanda-tanda penuaan kulit lainnya. Agar dapat melindungi kulit wajah secara optimal, pilihlah produk tabir surya yang mengandung SPF minimal 30.

2. Menggunakan Toner

Toner merupakan produk skincare yang berfungsi untuk menghidrasi, melembabkan, serta menutrisi kulit wajah. Selain itu, menggunakan toner setelah mencuci muka juga mampu membantu membersihkan sisa kotoran yang belum terangkat.

3. Mengaplikasikan Pelembap Wajah

Cara merawat wajah agar bersih dan cerah berikutnya adalah dengan mengaplikasikan pelembap kulit wajah setiap pagi dan malam sebelum tidur. Pelembap wajah diketahui dapat menenangkan serta menjaga kelembapan kulit wajah sehingga mampu merangsang regenerasi sel kulit baru. Selain dari produk skincare, terdapat bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah, di antaranya adalah gel lidah buaya, madu murni, minyak zaitun, serta masker alpukat.

4. Rutin Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi wajah merupakan salah satu perawatan wajah glowing yang tak kalah penting. Hal ini dikarenakan eksfoliasi wajah dapat mengangkat kotoran serta sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit tampak kusam. Namun, ada baiknya untuk membatasi eksfoliasi wajah, yakni hanya melakukannya sebanyak 2–3 kali seminggu agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit wajah.

5. Melakukan Facial Massage

Facial massage atau pijat wajah merupakan salah satu treatment wajah yang dapat dilakukan sebagai perawatan wajah glowing secara alami. Pasalnya, facial massage yang dilakukan secara rutin mampu melancarkan sirkulasi darah di sekitar kulit wajah sehingga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen.

6. Menerapkan Pola Makan Sehat

Selain perawatan dari luar tubuh, memperhatikan pola makan yang sehat juga perlu dilakukan untuk menjaga kulit wajah agar tampak sehat, cerah, dan bersinar.

7. Mencukupi Asupan Cairan Tubuh

Perawatan wajah glowing secara alami berikutnya adalah dengan mencukupi asupan cairan tubuh dengan minum air sebanyak kurang lebih dua liter per hari. Hal ini dikarenakan kekurangan cairan dapat menyebabkan kulit kering, kusam, dan bersisik sehingga turut meningkatkan risiko timbulnya garis halus serta kerutan.

8. Mengelola Stres Sebaik Mungkin

Stres dapat meningkatkan kadar hormon kortisol yang bisa memicu produksi sebum atau minyak berlebih pada kulit wajah. Jika dibiarkan, minyak berlebih tersebut berisiko menimbulkan berbagai masalah kulit, seperti jerawat dan komedo.

Nah sobat KeKeR, itu dia sejumlah tips perawatan wajah glowing yang dapat dilakukan dengan mudah. Semoga bermanfaat yah!

Den Santi, Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Makassar. Saat ini dalam program Magang Jurnalistik di FAJAR.

  • Bagikan