Yuk Simak 5 Tips Agar Kulit Tetap Sehat di Bulan Ramadan

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo Sobat KeKeR, di bulan ramadhan kita tidak hanya perlu merawat tubuh agar tetap bugar. Kulit juga perlu dirawat agar tetap sehat.

Pada bulan ramadhan kita berpuasa menahan lapar dan haus. Hal tersebut membuat kita beresiko kekurangan cairan dan dehidrasi. Sehingga akan berdampak pada kesehatan kulit kita juga. Misalnya kulit akan terlihat kering dan kusam.

Langsung saja simak tips agar kulit tetap sehat di bulan ramadhan berikut.

1. Minum Air yang Cukup

Usahakan agar tetap terhidrasi dengan minum air yang cukup saat sahur maupun berbuka. Kekurangan cairan dapat membuat kulit kering dan kusam. Gunakan rumus 2-4-2, 2 gelas saat sahur, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas di waktu berbuka.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Makan makanan yang sehat dan bergizi saat sahur dan berbuka, khususnya buah, sayur, protein, dan karbohidrat. Makanan tersebut akan menjaga kesehatan kulit dari dalam.

3. Perawatan Kulit yang Tepat

Bersihkan kulit secara teratur, terutama sebelum dan setelah tidur. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit kalian. Serta gunakan pelembab untuk menjaga kelembaban kulit.

4. Gunakan Tabir Surya

Gunakan tabir surya ketika beraktivitas di luar ruangan selama puasa. Sinar matahari yang berlebih dapat merusak kulit dan meningkatkan risiko terbakar matahari. Selain itu, berusahalah menghindari paparan langsung sinar matahari di siang hari. Paparan panas dapat membuat kulit kering dan terbakar.

5. Istirahat yang Cukup

Istirahatlah yang cukup setiap hari. Kurang tidur dapat menyebabkan kulit tampak kusam dan kering. Tidurlah lebih awal setelah berbuka dan bangun lebih awal untuk sahur.

Nah Sobat KeKeR, itu dia tips agar kulit tetap sehat di bulan ramadhan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian.

Nova Zafira, Mahasiswa Psikologi, Universitas Negeri Makassar. Saat ini dalam program Magang Jurnalistik di FAJAR.

  • Bagikan