Netizen Ramai Ingin Boikot Spotify, Ada Apa?

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo Sobat KeKeR, mendengarkan musik ketika senang, sedih, maupun galau sudah menjadi suatu kebiasaan. Spotify menjadi platform musik paling banyak digunakan saat ini.

Spotify merupakan platform untuk mendengarkan musik dan podcast gratis. Pengguna bisa membuat playlist musik sendiri dan membagikannya ke orang-orang terdekat.

Kalian juga bisa mengunduh musik, album, dan podcast untuk didengarkan secara offline dengan berlangganan Spotify Premium. Musik yang tersedia sangat beragam. Mulai genre pop hingga rock, serta lagu I-Pop hingga Kpop.

Namun, baru-baru ini Spotify mengeluarkan statement dukungan kepada genosida yang dilakukan oleh Israel di Gaza.

“Spotify sangat sedih atas serangan teroris yang terjadi baru-baru ini di Israel dan merasa terganggu dengan krisis kemanusiaan yang semakin parah di Gaza. Hati kami tertuju pada semua orang yang terperangkap dalam konflik,” ungkap Spotify di website mereka.

Karena statement tersebut, sejumlah besar pengguna platform musik itu saat ini sedang mempertimbangkan untuk berpindah ke platform musik lainnya.

Faktanya, pertimbangan tersebut tidak muncul secara tiba-tiba. Karena adanya iklan yang sering muncul dan berbau horor di Spotify juga merupakan salah satu alasannya. Namun, statement tersebutlah yang menjadi pemicunya.

Salah satu pengguna memberikan rating bintang 3 untuk aplikasi ini.

“1 lagu saja iklan nya (4-5) itu pun tidak hanya sekali, terus kenapa pemutaran playlist nya kadang tidak sesuai, maaf tolong banget iklan nya dikurangi dan pemutaran lagunya disesuaikan, soalnya itu agak mengganggu kami para pendengar Spotify,” ucap Tan**** pada ulasannya.

Beberapa netizen juga mempertimbangkan untuk berganti ke platform musik lain.

“Dimana saya bisa mulai mendengarkan musik sekarang? Lagipula aku ingin menghapus Spotify dari ponselku, jadi beritahu aku aplikasi baru,” tweet @to*** di X.

“Bisakah kita menggunakan youtube music sebagai alternatif? saat ini saya menggunakannya sejak membatalkan Spotify Premium,” ungkap @iz*** pada salah satu postingan di X.

“Saatnya Joox kembali,” komentar @94*** pada salah satu postingan di TikTok.

Nah Sobat KeKeR, bagaimana menurut kalian? Apakah kalian ingin tetap menggunakan Spotify? Atau ingin berganti ke platform musik lain juga?

Nova Zafira, Mahasiswa Psikologi, Universitas Negeri Makassar. Saat ini dalam program Magang Jurnalistik di FAJAR.

  • Bagikan